Berjualan pulsa merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Sebab, kebutuhan akan pulsa di zaman serba digital seperti hari ini sangat tinggi. Bahkan pulsa yang awalnya adalah kebutuhan sekunder bergeser menjadi kebutuhan primer. Maka dari itu tidak heran jika pertumbuhan outlet-outlet pulsa kian menjamur.

Bagi anda yang ingin membuka usaha tapi masih bingung ingin usaha apa, ada baiknya anda mencoba peluang yang satu ini. Karena jika dilihat dari tingkat kebutuhan yang ada di masyarakat, berjualan pulsa akan mendatangkan banyak keuntungan. Terlebih lagi jika anda berjualan pulsa secara online. Karena segala aktivitas masyarakat sekarang beralih dari konvensional ke aktivitas berbasis online.

Lalu, bagaimana caranya jika ingin memulai bisnis pulsa secara online? Berikut panduan cara mudah memulai bisnis pulsa online untuk anda!

1. Mencari Supplier yang Tepat

Anda membutuhkan supplier untuk bisa berjualan pulsa. Tidak sembarang supplier bisa  anda pilih. Sebaiknya anda memilih supplier yang terpercaya dan menawarkan harga yang murah untuk anda. Tidak hanya itu, supplier yang berani memberikan garansi kepada mitranya juga patut anda pilih.

2. Melakukan Promosi

Jika anda ingin pulsa yang anda jual laris manis di pasaran, maka anda harus melakukan promosi. Promosi ada banyak caranya mulai dari media cetak hingga media online. Karena anda berjualan secara online ada baiknya anda lebih gencar melakukan promosi secara online pula. Karena di situlah pasar anda berada.

Untuk melakukan promosi secara online, anda memerlukan beberapa perangkat penunjang. Jika pemasaran offline membutuhkan banner, maka pemasaran secara online membutuhkan banner pula namun dalam bentuk 2 dimensi atau gambar. Semakin menarik media promosi yang anda buat semakin banyak orang yang penasaran dan membeli produk anda.

3. Menyiapkan Nomor Rekening

Setiap bisnis yang dijalankan secara online, anda membutuhkan nomor rekening untuk memudahkan transaksi jual beli. Setidaknya, siapkan beberapa nomor rekening yang paling banyak digunakan oleh orang seperti BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Namun, jika anda hanya memiliki satu nomor rekening saja tidak masalah. Prinsipnya adalah memudahkan pelanggan untuk membayar tagihan pulsa yang mereka beli.

4. Contact Person

Tidak semua orang akan membeli produk anda melalui media social atau website yang sudah anda siapkan. Ada pula pembeli yang lebih suka menghubungi via contact person yang tertera karena biasanya lebih cepat responnya. Selain itu, contact person juga berfungsi untuk komunikasi antara penjual dan pembeli apabila pulsa yang sudah dibeli tak kunjung masuk ke nomor pembeli.

Karena anda berjualan secara online, sebaiknya anda menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi secara online pula, seperti Whatsapp, Telegram, atau BBM. Karena saat ini banyak pengguna yang menggunakan media chatting tersebut sebagai sarana komunikasi, maka anda juga harus bisa menyesuaikannya.

5. Konsisten Menawarkan Produk

Terus konsisten menawarkan produk ke berbagai media membuat produk anda “semakin terlihat”. Jika produk anda terlihat besar kemungkinan banyak orang yang akan membeli produk anda. lakukan secara konsisten walaupun tidak ada yang membeli produk anda.

Itulah beberapa tips untuk memulai bisnis pulsa secara online. Semoga artikel ini bermanfaat.




Semakin hari semakin terlihat perubahan tingkah laku masyarakat modern saat ini. Yang tampak jelas adalah perilaku jual beli yang beralih ke sistem online. Salah satunya adalah beli pulsa online. Dulu, untuk membeli pulsa saja anda harus pergi ke konter. Jika pulsa habis tengah malam, padahal kebutuhan sedang mendesak, anda kebingungan mencari konter yang buka hingga tengah malam.

Tapi sekarang engga lagi. Anda tidak perlu khawatir lagi kejadian-kejadian seperti itu terjadi. Sebab, saat ini banyak sekali situs maupun aplikasi yang menawarkan sistem beli pulsa online. Keuntungannya, anda tidak harus pergi keluar rumah hanya sekedar untuk membeli pulsa. Selain itu, transaksi bisa anda lakukan selama 24 jam penuh.

Meskipun banyak situs online maupun aplikasi yang menawarkan jual pulsa online, akan tetapi anda tetap harus selektif. Dalam artian tidak semua situs dan aplikasi tersebut amanah. Bisa jadi yang anda jadikan rujukan adalah situs atau aplikasi yang merugikan alias penipuan. Oleh karena itu, penting kiranya untuk anda tahu beberapa situs dan aplikasi online jual beli pulsa terpercaya. Berikut daftarnya!

1. Tokopedia.com

Tokopedia.com adalah marketplace di mana tempat pebisnis online membuka toko online mereka secara gratis. Ada banyak kategori barang yang dijual di sini dengan harga yang kompetitif.

Namun seiring berkembangnya tokopedia, marketplace ini tidak hanya digunakan untuk jual beli barang kebutuhan pribadi dan rumah tangga saja. Akan tetapi tokopedia juga menyediakan fitur beli pulsa online. Tokopedia juga merupakan situs terpercaya yang memiliki jutaan member.

2. Bukalapak.com

Sama seperti tokopedia.com, bukalapak.com juga menyediakan fitur isi pulsa online. Metode pembayarannya bisa anda pilih. Selain itu, bukalapak.com bisa anda akses selama 24 jam non stop. Jadi, anda bisa melakukan top up pulsa kapan saja. Untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ada pada bukalapak, anda bisa menggunakan dua cara yaitu mengunjungi situs resminya di bukalapak.com atau mendownload aplikasinya di Play Store.

3. Traveloka.com

Situs yang dikenal dengan jual tiket online ini ternyata juga menyediakan menu untuk top up pulsa. Anda tinggal pilih menu bill & top up yang ada pada kanan atas jika anda membukanya lewat computer. Untuk cara pengisiannya anda bisa langsung ikuti instruksi yang ada pada situs tersebut. traveloka juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh secara gratis.

4. Loserba.com

Jika anda ingin membeli pulsa online, anda bisa mengunjungi situs Loserba.com. Di sana anda tidak akan hanya menemukan menu pembelian pulsa online saja. Akan tetapi ada banyak menu-menu lainnya yang bisa anda pilh seperti pembayaran tagian BPJS, isi saldo GrabPay, pembayaran token PLN, tagihan telepon, dan menu lainnya.

Untuk dapat melakukan isi ulang pulsa secara online, anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Play Store. Setelah itu, install aplikasi tersebut di handphone anda. Anda dapat melakukan transaksi yang anda inginkan selama 24 jam dengan metode pembayaran yang mudah dan bisa anda pilih. Loserba bisa anda percaya sebagai aplikasi modern untuk segala jenis kebutuhan anda.

 




Di dunia gadget seperti hari ini, keberadaan pulsa bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder. Akan tetapi sudah berubah menjadi kebutuhan primer. Sebab, tanpa adanya pulsa komunikasi tidak dapat dilakukan. Padahal, melakukan komunikasi melalui smartphone sudah menjadi kebiasaan baru di kalangan masyarakat kita.

Dulunya, pulsa hanya digunakan untuk SMS dan telepon saja. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, pulsa juga digunakan untuk berinternet ria. Karena sekarang banyak bermunculan handphone-handphone yang menawarkan fitur baru seperti chatting online. Pulsa pun diperuntukkan untuk membeli kuota internet.

Melihat adanya perubahan signifikan pada perilaku masyarakat ini, merupakan peluang yang besar bagi anda yang ingin menjalankan usaha jual pulsa. Namun karena banyaknya pesaing dalam menjalankan bisnis pulsa ini, tidak sedikit pebisnis pulsa yang gagal dalam menjalankan usahanya. Berikut adalah tips menjalankan bisnis pulsa supaya laku di pasaran.

1. Ambil Keuntungan yang Sedikit

Memang pulsa merupakan suatu kebutuhan, akan tetapi sebagai penjual, anda juga tidak diperbolehkan menjual pulsa dengan mengambil keuntungan yang terlalu banyak. Karena ini akan mempengaruhi harga jual pulsa anda. Semakin banyak anda mengambil laba, semakin mahal pula harga jualnya.

Jika anda menjual pulsa terlalu mahal sedangkan pesaing anda menjual pulsa dengan harga yang lebih murah padahal produknya sama, niscaya pelanggan anda akan banting setir ke kompetitor anda. oleh karena itu, ambillah keuntungan yang sewajarnya saja.

2. Harga Jual

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, harga jual juga mempengaruhi tingkat penjualan. Harga jual pulsa yang murah akan banyak dicari orang walaupun selisihnya dengan yang lain hanya lima ratus perak. Namun, untuk bisa memberikan harga jual yang murah, anda juga harus menemukan supplier yang bisa menawarkan harga murah ke anda.

3. Promosi ke Orang Terdekat

Agar pulsa anda cepat laku, pertama-tama promosikan terlebih dahulu barang yang anda jual ke orang terdekat. Dalam artian tidak hanya saudara saja. Akan tetapi anda juga bisa memasarkan produk ke teman kantor atau tetangga sekitar.

4. Membuat Banner

Banner adalah cara terbaik untuk memasarkan produk anda secara pasif. Orang bisa lebih tahu kalau anda sedang berjualan pulsa jika anda menggunakan banner. Semakin banyak orang yang tahu, semakin banyak pula pulsa yang laku terjual

5. Jual Pulsa Online

Selanjutnya, anda bisa menggunakan tips jual pulsa online agar jualan anda cepat laku. Apalagi sekarang hampir seluruh masyarakat selalu melakukan aktivitas online. Jika anda mempromosikan bahwa anda berjualan pulsa secara online, bukan tidak mungkin jangkauan pelanggan anda akan semakin luas.

Sedangkan untuk pembayarannya, anda bisa menerapkan pembayaran melalui metode transfer ke nomor rekening anda. Akan tetapi anda juga harus paham resiko dari berjualan pulsa online. Sebab, peluang terjadinya kecurangan dari pembeli bisa saja terjadi. Misalnya saja pelanggan tidak mau membayar pulsa yang sudah dibeli.

Intinya, agar pulsa yang anda jual bisa cepat laku adalah membuat strategi yang jitu. Mulai dari melihat kebutuhan calon pelanggan, menetapkan harga yang tepat, hingga menganalisa kompetitor yang menjual produk sama.




Saat ini, bisnis yang paling bisa memberikan banyak keuntungan untuk Anda adalah bisnis online. Sebab, jika disandingkan dengan berbisnis secara konvensional, bisnis online memiliki banyak keuntungan. Terutama dari segi modal dan juga jangkauan pasar. Modal yang Anda keluarkan tidak akan sebanyak bisnis offline. Dan jangkauan pasarnya bisa hingga ke mancanegara yang memungkinkan Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak.

Namun, Anda harus mengelola bisnis online dengan cara yang tepat. Sebab, bisnis online prinsipnya tidak jauh berbeda dengan bisnis konvensional yang membutuhkan manajemen yang baik. Lalu bagaimana cara mengelola bisnis online yang tepat? Berikut tipsnya untuk Anda!

1. Jam Operasional

Setiap bisnis entah itu online atau offline pasti memiliki jam operasional atau jam kerja. Anda harus menetapkan jam operasional toko Anda secara pasti. Buka hari apa dari jam berapa sampai jam berapa. Jika Anda tidak menetapkan jam operasional, maka calon pelanggan Anda akan kebingungan ketika ingin membeli produk Anda.

Jika pada bisnis konvensional biasanya dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore, di bisnis online Anda bisa membuat jam operasional lebih lama. Karena pada bisnis online Anda bisa menerima pelanggan kapan saja. Sebab, Anda mengoperasikan bisnis Anda dari rumah.

2. Pisahkan Keuangan Bisnis dengan Keuangan Pribadi

Sepertinya topik ini sudah seringkali dibahas di beberapa seminar dan juga buku. Akan tetapi topik ini tidak pernah ada ujungnya untuk dibahas dan dijadikan sebagai topik utama. Karena, daalam praktiknya banyak sekali pebisnis-pebisnis yang masih mencampurkan keuangan bisnis dan juga pribadi. Padahal mereka sudah tahu bahwa mencampurkan keuangan pribadi dan bisnis akan membuat arus uang menjadi kacau.

Jika Anda masih mencampurkan antara keuangan bisnis dan pribadi, maka segeralah untuk memisahkannya saat ini juga. Dengan begitu Anda bisa mengetahui secara pasti keuangan bisnis Anda berada di posisi yang sehat ataukah tidak, laba atau justru merugi.

3. Menggunakan Sistem FIFO

Sistem FIFO wajib digunakan dalam menjalankan bisnis yang menjual produk. FIFO singkatan dari First In First Out. Simpelnya, barang yang masuk terlebih dahulu ke gudang Anda, maka Anda harus menjualnya terlebih dahulu. FIFO terutama sangat penting digunakan jika Anda menjual produk makanan yang memiliki masa kadaluarsa.

4. Karyawan Sesuai Kebutuhan

Karyawan dibutuhkan jika Anda sudah kualahan dalam mengelola bisnis online yang Anda jalankan. Jangan terburu-buru mencari  karyawan jika posisinya adalah Anda baru saja menjalankan bisnis online yang notabene masih bisa Anda handel sendiri. Sebab, pada posisi ini keuangan bisnis Anda masih sangat rawan.

Akan tetapi, jika bisnis yang Anda jalankan sudah stabil dengan pendapatan yang stabil pula, Anda bisa mencari karyawan. Namun, banyaknya karyawan juga harus Anda sesuaikan dengan keuangan bisnis Anda dan juga banyaknya job yang terbengkalai. Jika hanya ada satu job saja yang tidak bisa Anda handel, sebaiknya Anda hanya memperkerjakan satu pegawai saja.

5. Sabar Menghadapi Pembeli

Ketika berjualan, Anda akan menemukan banyak sekali karakter orang. Mulai dari yang sabar menunggu pesanan hingga pembeli yang cerewet. Di sinilah kesabaran Anda sebagai seorang penjual diuji. Anda harus tetap melayani mereka. Bagaimanapun juga, mereka adalah pelanggan Anda. Dan pelanggan adalah raja.

Itulah 5 tips mengelola bisnis online yang harus Anda jalankan jika ingin bisnis online Anda maju. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!




Kemajuan teknologi turut andil dalam perubahan pola perilaku manusia. Salah satunya adalah aktivitas pembayaran yang dulunya dilakukan secara konvensional, saat ini berubah menjadi metode pembayaran secara online. Sistem seperti ini lebih dikenal dengan PPOB atau Payment Point Online Banking.

Singkatnya, PPOB adalah metode pembayaran yang mengandalkan sistem online yang juga bekerjasama dengan perbankan. dengan begitu data yang keluar adalah data yang akurat dan sudah pasti benar. Tidak seperti cara konvensional yang kemungkinan terjadinya kesalahan sangat besar.

PPOB muncul akibat dari kebijakan PLN dalam sistem pembayaran tagihan pada tahun 2007. Hingga pada akhirnya masyarakat bisa menikmati layanan pembelian token listrik online. Tentu saja sistem ini sangat memudahkan pelanggan.

Peluang untuk membuka usaha PPOB ini masih sangat luas. Karena konsumennya merata di beerbagai penjuru wilayah. Jika anda saat ini berniat untuk menjalankan usaha tapi masih bigung jenis usaha apa yang akan anda jalankan, anda bisa menjadikan usaha PPOB ini sebagai referensi.

Adapun layanan pembayaran yang bisa dilakukan dengan sistem PPOB di antaranya adalah:

  • Pembayaran tagihan rekening listrik
  • Pembayaran token listrik online
  • Tagihan telepon
  • Vouche pulsa all operator
  • Membayar tagihan PDAM
  • Leasing
  • Pembayaran tagihan BPJS

Dengan melihat peluang yang ada dan juga banyaknya fasilitas yang bisa dilakukan, anda berpeluang  besar untuk sukses dengan usaha yang sedang naik daun ini. Karena aktivitas seperti membayar tagihan akan selalu ada sehingga keberadaan layanan pembayaran ini akan terus dibutuhkan oleh masyarakat juga.

Lalu, apakah anda sudah memutuskan untuk membuka usaha ini? Kalau iya, silahkan ikuti cara registrasi PPOB di bawah ini:

  1. Pertama, isi formulir pendaftaran agar anda bisa mendirikan PPOB di tempat yang anda inginkan
  2. Fotocopy KTP
  3. Melampirkan KK jika usaha yang anda jalankan ini adalah usaha keluarga
  4. Wajib memiliki salah satu rekening BRI/BNI/Mandiri?BCA
  5. Sudah terdaftar mobile banking BRI/BNI/Mandiri/BCA

Tidak hanya persyaratan di atas saja yang harus anda penuhi. Tapi anda juga harus siap dari segi peralatan yang dibutuhkan. Setidaknya, anda membutuhkan komputer atau laptop untuk bisa melakukan transaksi. Kemudian, anda juga memerlukan printer untuk print out struk PPOB. Dan yang terakhir tentu saja koneksi internet karena anda melakukan pembayaran dengan sistem online.

Namun, sebelum anda memutuskan untuk membuka usaha ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar usaha yang anda jalankan bisa menghasilkan dan tumbuh dengan optimal.  Di antaranya adalah seperti yang tertulis di bawah ini:

  1. Pertama, sebelum anda menjalankan usaha apa pun tidak terkecuali bisnis PPOB ini sebaiknya anda mempelajari dulu bagaimana mekanisme kerjanya
  2. Kemudian, pilihlah server PPOB yang menawarkan harga murah. Karena ada banyak sekali server PPOB yang menawarkan harga bersaing
  3. Yang paling penting, anda harus memilih PPOB yang tidak mengalami gangguan server. Karena ini akan berpengaruh terhadap kinerja bisnis dan penghasilan anda
  4. Pilih juga PPOB yang support banyak bank untuk kemudahan transaksi
  5. Dan yang terakhir, tentu saja anda harus memilih PPOB yang dapat dipercaya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya member dan juga pelayanannya yang memuaskan

Saat ini banyak aplikasi dan website marketplace yang menyediakan  layanan PPOB untuk memberikan peluang kepada masyarakat membuat bisnis PPOB sendiri dengan persyaratan yang mudah, salah satunya adalah Loserba. Jadi anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk menyewa server PPOB.




Artikel Terbaru
Kategori