Saat ini, bisnis yang paling bisa memberikan banyak keuntungan untuk Anda adalah bisnis online. Sebab, jika disandingkan dengan berbisnis secara konvensional, bisnis online memiliki banyak keuntungan. Terutama dari segi modal dan juga jangkauan pasar. Modal yang Anda keluarkan tidak akan sebanyak bisnis offline. Dan jangkauan pasarnya bisa hingga ke mancanegara yang memungkinkan Anda bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak.

Namun, Anda harus mengelola bisnis online dengan cara yang tepat. Sebab, bisnis online prinsipnya tidak jauh berbeda dengan bisnis konvensional yang membutuhkan manajemen yang baik. Lalu bagaimana cara mengelola bisnis online yang tepat? Berikut tipsnya untuk Anda!

1. Jam Operasional

Setiap bisnis entah itu online atau offline pasti memiliki jam operasional atau jam kerja. Anda harus menetapkan jam operasional toko Anda secara pasti. Buka hari apa dari jam berapa sampai jam berapa. Jika Anda tidak menetapkan jam operasional, maka calon pelanggan Anda akan kebingungan ketika ingin membeli produk Anda.

Jika pada bisnis konvensional biasanya dibuka dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore, di bisnis online Anda bisa membuat jam operasional lebih lama. Karena pada bisnis online Anda bisa menerima pelanggan kapan saja. Sebab, Anda mengoperasikan bisnis Anda dari rumah.

2. Pisahkan Keuangan Bisnis dengan Keuangan Pribadi

Sepertinya topik ini sudah seringkali dibahas di beberapa seminar dan juga buku. Akan tetapi topik ini tidak pernah ada ujungnya untuk dibahas dan dijadikan sebagai topik utama. Karena, daalam praktiknya banyak sekali pebisnis-pebisnis yang masih mencampurkan keuangan bisnis dan juga pribadi. Padahal mereka sudah tahu bahwa mencampurkan keuangan pribadi dan bisnis akan membuat arus uang menjadi kacau.

Jika Anda masih mencampurkan antara keuangan bisnis dan pribadi, maka segeralah untuk memisahkannya saat ini juga. Dengan begitu Anda bisa mengetahui secara pasti keuangan bisnis Anda berada di posisi yang sehat ataukah tidak, laba atau justru merugi.

3. Menggunakan Sistem FIFO

Sistem FIFO wajib digunakan dalam menjalankan bisnis yang menjual produk. FIFO singkatan dari First In First Out. Simpelnya, barang yang masuk terlebih dahulu ke gudang Anda, maka Anda harus menjualnya terlebih dahulu. FIFO terutama sangat penting digunakan jika Anda menjual produk makanan yang memiliki masa kadaluarsa.

4. Karyawan Sesuai Kebutuhan

Karyawan dibutuhkan jika Anda sudah kualahan dalam mengelola bisnis online yang Anda jalankan. Jangan terburu-buru mencariĀ  karyawan jika posisinya adalah Anda baru saja menjalankan bisnis online yang notabene masih bisa Anda handel sendiri. Sebab, pada posisi ini keuangan bisnis Anda masih sangat rawan.

Akan tetapi, jika bisnis yang Anda jalankan sudah stabil dengan pendapatan yang stabil pula, Anda bisa mencari karyawan. Namun, banyaknya karyawan juga harus Anda sesuaikan dengan keuangan bisnis Anda dan juga banyaknya job yang terbengkalai. Jika hanya ada satu job saja yang tidak bisa Anda handel, sebaiknya Anda hanya memperkerjakan satu pegawai saja.

5. Sabar Menghadapi Pembeli

Ketika berjualan, Anda akan menemukan banyak sekali karakter orang. Mulai dari yang sabar menunggu pesanan hingga pembeli yang cerewet. Di sinilah kesabaran Anda sebagai seorang penjual diuji. Anda harus tetap melayani mereka. Bagaimanapun juga, mereka adalah pelanggan Anda. Dan pelanggan adalah raja.

Itulah 5 tips mengelola bisnis online yang harus Anda jalankan jika ingin bisnis online Anda maju. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Artikel Terbaru
Kategori