Kemajuan teknologi turut andil dalam perubahan pola perilaku manusia. Salah satunya adalah aktivitas pembayaran yang dulunya dilakukan secara konvensional, saat ini berubah menjadi metode pembayaran secara online. Sistem seperti ini lebih dikenal dengan PPOB atau Payment Point Online Banking.

Singkatnya, PPOB adalah metode pembayaran yang mengandalkan sistem online yang juga bekerjasama dengan perbankan. dengan begitu data yang keluar adalah data yang akurat dan sudah pasti benar. Tidak seperti cara konvensional yang kemungkinan terjadinya kesalahan sangat besar.

PPOB muncul akibat dari kebijakan PLN dalam sistem pembayaran tagihan pada tahun 2007. Hingga pada akhirnya masyarakat bisa menikmati layanan pembelian token listrik online. Tentu saja sistem ini sangat memudahkan pelanggan.

Peluang untuk membuka usaha PPOB ini masih sangat luas. Karena konsumennya merata di beerbagai penjuru wilayah. Jika anda saat ini berniat untuk menjalankan usaha tapi masih bigung jenis usaha apa yang akan anda jalankan, anda bisa menjadikan usaha PPOB ini sebagai referensi.

Adapun layanan pembayaran yang bisa dilakukan dengan sistem PPOB di antaranya adalah:

  • Pembayaran tagihan rekening listrik
  • Pembayaran token listrik online
  • Tagihan telepon
  • Vouche pulsa all operator
  • Membayar tagihan PDAM
  • Leasing
  • Pembayaran tagihan BPJS

Dengan melihat peluang yang ada dan juga banyaknya fasilitas yang bisa dilakukan, anda berpeluang  besar untuk sukses dengan usaha yang sedang naik daun ini. Karena aktivitas seperti membayar tagihan akan selalu ada sehingga keberadaan layanan pembayaran ini akan terus dibutuhkan oleh masyarakat juga.

Lalu, apakah anda sudah memutuskan untuk membuka usaha ini? Kalau iya, silahkan ikuti cara registrasi PPOB di bawah ini:

  1. Pertama, isi formulir pendaftaran agar anda bisa mendirikan PPOB di tempat yang anda inginkan
  2. Fotocopy KTP
  3. Melampirkan KK jika usaha yang anda jalankan ini adalah usaha keluarga
  4. Wajib memiliki salah satu rekening BRI/BNI/Mandiri?BCA
  5. Sudah terdaftar mobile banking BRI/BNI/Mandiri/BCA

Tidak hanya persyaratan di atas saja yang harus anda penuhi. Tapi anda juga harus siap dari segi peralatan yang dibutuhkan. Setidaknya, anda membutuhkan komputer atau laptop untuk bisa melakukan transaksi. Kemudian, anda juga memerlukan printer untuk print out struk PPOB. Dan yang terakhir tentu saja koneksi internet karena anda melakukan pembayaran dengan sistem online.

Namun, sebelum anda memutuskan untuk membuka usaha ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar usaha yang anda jalankan bisa menghasilkan dan tumbuh dengan optimal.  Di antaranya adalah seperti yang tertulis di bawah ini:

  1. Pertama, sebelum anda menjalankan usaha apa pun tidak terkecuali bisnis PPOB ini sebaiknya anda mempelajari dulu bagaimana mekanisme kerjanya
  2. Kemudian, pilihlah server PPOB yang menawarkan harga murah. Karena ada banyak sekali server PPOB yang menawarkan harga bersaing
  3. Yang paling penting, anda harus memilih PPOB yang tidak mengalami gangguan server. Karena ini akan berpengaruh terhadap kinerja bisnis dan penghasilan anda
  4. Pilih juga PPOB yang support banyak bank untuk kemudahan transaksi
  5. Dan yang terakhir, tentu saja anda harus memilih PPOB yang dapat dipercaya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya member dan juga pelayanannya yang memuaskan

Saat ini banyak aplikasi dan website marketplace yang menyediakan  layanan PPOB untuk memberikan peluang kepada masyarakat membuat bisnis PPOB sendiri dengan persyaratan yang mudah, salah satunya adalah Loserba. Jadi anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk menyewa server PPOB.

Artikel Terbaru
Kategori